10 Faktor Penyebab Kelelahan Pada Otot Yang Perlu Diketahui

10 Faktor Penyebab Kelelahan Pada Otot Yang Perlu Diketahui

Daftar Isi

Apakah Anda sering merasa kelelahan dan terasa tidak memiliki energi lagi untuk beraktivitas? Ternyata Anda tidak hanya sendirian yang merasakan kelelahan, banyak yang merasakan lelah, termasuk saya. Penyebab kelelahan pada otot dapat dikarenakan beberapa faktor dan salah satunya yang sangat sederhana tanpa kita kita sadari, seperti kurang tidur atau tubuh Anda sedang mengalami gangguan kesehatan, yang mendasari terjadinya kelelahan pada fisik.

Meskipun semua orang merasa lelah dari waktu ke waktu, namun kelelahan kronis dapat membahayakan kualitas hidup Anda dan menyebabkan Anda tidak dapat menikmati kualitas hidup yang baik.

Dalam beberapa kasus, terjadinya kelelahan dapat diatasi dengan gaya hidup yang sehat, memperbaiki kualitas asupan nutrisi sehari-hari, atau mengobati kondisi medis yang mendasarinya. Namun, untuk mencegah terjadinya kelelahan, Anda harus mengetahui penyebab yang mendasari terjadinya kelelahan fisik Anda.

Berikut adalah 10 alasan paling mendasar yang menyebabkan terjadi kelelahan pada otot yang dikutip dari getmaple.ca serta beberapa sumber terpercaya lainnya. https://www.healthline.com/nutrition/10-reasons-you-are-tired

Kualitas Tidur Menjadi Penyebab Kelelahan pada Otot

Penyebab Kelelahan pada Otot

Kualitas tidur yang cukup, sangat penting untuk kesehatan secara keseluruhan. Sayangnya, banyak dari kita menomor duakan tidur yang cukup, disaat dikejar target pekerjaan.

Perlu diketahui, selama tidur, tubuh Anda melakukan sejumlah proses yang sangat kritis tanpa kita sadar, termasuk melepaskan hormon pertumbuhan yang sangat penting untuk memperbaiki dan meregenerasi sel tubuh Anda. Hal Inilah yang menyebabkan, kenapa pada saat bangun tidur, kita merasakan perasaan yang sangat segar, bersemangat, serta berenergi setelah sepanjang malam kualitas tidur sangat nyaman. (sumber yang dipercaya : Sleeping hours: what is the ideal number and how does age impact this?).

Tidur yang nyenyak, nyaman dan tidak terbangun karena apapun, memungkinkan otak Anda telah melewati tiga tahapan tidur yaitu :

  • Non-Rapid Eye Movement (NREM) atau yang lebih dikenal juga dengan tidur ayam.
  • Rapid Eye Movement (REM) atau yang dikenal dengan tidur yang nyenyak.
  • Dan terakhir adalah bermimpi.

(sumber yang dipercaya : Physiology of Sleep).

Walaupun tidak ada standarisasi kualitas lamanya waktu tidur, American Academy of Sleep Medicine and Sleep Research Society merekomendasikan agar orang dewasa mendapatkan setidaknya 7 jam tidur setiap malam untuk kesehatan yang optimal (sumber yang dipercaya : Sleeping hours: what is the ideal number and how does age impact this?).

Insomnia adalah istilah yang menjelaskan kesulitan tidur yang nyenyak. Hal ini bisa disebabkan oleh beberapa faktor yang mempengaruhinya, seperti menopause, kondisi medis, stres psikologis, lingkungan tempat tidur yang tidak nyaman, dan stimulasi mental yang berlebihan (sumber yang dipercaya : Insomnia and menopause: a narrative review on mechanisms and treatments).

Jika Anda mengalami insomnia, perawatan seperti suplemen alami, obat -obatan, dan pengelolaan kondisi medis yang mendasarinya dapat membantu. Kunjungi dokter Anda untuk mendapatkan perawatan dan perawatan yang tepat.

Lelah Karena Kurang Nutrisi

Lelah Karena Kurang Nutrisi

Kesimpulan