Manfaat Minum Kopi Tanpa Gula di Pagi Hari

Manfaat Minum Kopi Tanpa Gula di Pagi Hari

Daftar Isi

Ternyata, berdasarkan penelitian yang dilakukan, manfaat minum kopi tanpa gula di pagi hari diketahui bisa membantu menjaga suasana hati tetap baik dan terhindar dari stres. Seperti kita ketahui, kandungan kafein pada kopi memang bisa meningkatkan kewaspadaan serta daya konsentrasi, namun tidak berakibat langsung pada tingkat kreativitas seseorang. Selain itu juga, berdasarkan penelitian lain, menyebut bahwa manfaat minum kopi hitam dipagi hari, tidak memiliki dampak pada kinerja otak, apalagi pada memori daya ingat. Akan tetapi, kehadiran segelas kopi di pagi hari, mampu menghadirkan suasana nyaman dan menjaga suasana hati, itulah salah satu manfaat minum kopi pahit. Selain itu, juga berdasarkan beberapa penelitian, ada beberapa manfaat minum kopi di pagi hari yang bisa didapat dari segelas kopi pada pagi hari, yang saya kutip dari situs Universitas Airlangga Fakultas Keperawatan

9 Manfaat Minum Kopi Tanpa Gula Di Pagi Hari

Minum kopi dipagi hari merupakan ritual yang tidak bisa dilewatkan. Tentunya hal ini dikarenakan manfaat minum kopi hitam tanpa gula yang bisa menyempurnakan fokus Anda dan meningkatkan tingkat energi Anda. Bahkan, banyak orang yang sangat tergantung pada secangkir kopi pahit setiap harinya, tatkala bangun dipagi hari untuk memulai hari dengan suka cita. Selain membangkitkan efek energi dari seteguk kopi, ternyata kopi selalu dikaitkan dengan daftar panjang manfaat kesehatan potensial, yang mampu memberikan alasan kuat untuk meneguknya dibandingkan minuman energi lainnya. Berikut ini ada 9 manfaat dari kopi yang dikuti dari situs healtline.com
manfaat minum kopi

Mampu Meningkatkan Semangat Untuk Beraktivitas

Seperti kita ketahui, manfaat minum kopi pagi hari, bisa memberikan semangat untuk beraktivitas. Hal ini dkarenakan, kopi yang mengandung kafein, memberikan stimulan sistem saraf pusat yang dikenal karena kemampuannya untuk melawan kelelahan dan meningkatkan tingkat energi. (Sumber yang dipercaya : Caffeine).

Hal Ini dikarenakan, kafein memblokir reseptor neurotransmitter yang disebut adenosin, dan ini meningkatkan kadar neurotransmiter lainnya di otak Anda yang mengatur tingkat energi Anda, termasuk dopamin (sumber yang dipercaya : Caffeine induces neurobehavioral effects through modulating neurotransmitters).

Secangkir Kopi Pahit Turunkan Resiko Diabetes Type 2

Beberapa penelitian menunjukkan bahwa manfaat konsumsi kopi setiap hari secara teratur dapat dikaitkan dengan penurunan risiko diabetes tipe 2 dalam jangka panjang. Faktanya, satu tinjauan dari 30 studi menemukan bahwa setiap cangkir kopi yang dikonsumsi per hari dikaitkan dengan risiko 6% lebih rendah terkena diabetes tipe 2 (sumber yang dipercaya : Coffee consumption and reduced risk of developing type 2 diabetes: a systematic review with meta-analysis).

Hal ini dianggap karena kemampuan kopi untuk melestarikan fungsi sel beta di pankreas Anda, yang bertanggung jawab untuk memproduksi insulin untuk mengatur kadar gula darah (sumber yang dipercaya : Coffee and Lower Risk of Type 2 Diabetes: Arguments for a Causal Relationship).

Ditambah lagi, kopi kaya akan antioksidan dan dapat mempengaruhi sensitivitas insulin, peradangan, dan metabolisme – yang semuanya terlibat dalam pengembangan diabetes tipe 2 (sumber yang dipercaya : Effects of coffee on type 2 diabetes mellitus).

Menjaga Kesehatan Otak

Banyak penelitian yang menghasilkan hasil yang beragam, beberapa diantaranya menunjukkan bahwa secangkir kopi dapat membantu melindungi terhadap gangguan neurodegeneratif tertentu, termasuk penyakit Alzheimer dan penyakit Parkinson. Menurut satu tinjauan 13 studi yang dilakukan, minum kopi secara teratur memiliki risiko yang jauh lebih rendah terkena penyakit Parkinson. Terlebih lagi, konsumsi kafein juga memperlambat perkembangan penyakit Parkinson dari waktu ke waktu (sumber yang dipercaya : The Effect of Caffeine on the Risk and Progression of Parkinson’s Disease: A Meta-Analysis).

Ada juga ulasan lain dari 11 studi observasional di lebih dari 29.000 orang juga menemukan bahwa semakin banyak kopi yang dikonsumsi, semakin rendah risiko penyakit Alzheimer (sumber yang dipercaya : Habitual coffee consumption and risk of cognitive decline/dementia: A systematic review and meta-analysis of prospective cohort studies).

Selain itu, beberapa penelitian telah menunjukkan bahwa konsumsi kopi, sering dikaitkan dengan risiko demensia yang lebih rendah dan penurunan kognitif (sumber yang dipercaya : Consumption of coffee and tea and risk of developing stroke, dementia, and poststroke dementia: A cohort study in the UK Biobank).

Manfaat Minum Kopi Tanpa Gula Untuk Diet

Menurut beberapa penelitian yang dilakukan, secangkir kopi dapat mengubah penyimpanan lemak dan mendukung kesehatan usus, yang keduanya mungkin bermanfaat untuk program diet Anda (sumber yang dipercaya : The anti-obesity and health-promoting effects of tea and coffee). Sebagai contoh, satu tinjauan dari 12 studi menyimpulkan bahwa konsumsi kopi yang lebih tinggi dapat dikaitkan dengan penurunan lemak tubuh, terutama pada pria (sumber yang dipercaya : Coffee Intake and Obesity: A Meta-Analysis).

Dan khusus wanita, ternyata manfaat minum kopi bagi wanita erat hubungannya dengan penurunan lemak tubuh pada wanita (sumber yang dipercaya : Regular Coffee Consumption Is Associated with Lower Regional Adiposity Measured by DXA among US Women).

Selain itu, satu studi juga melaporkan bahwa orang yang minum satu hingga dua cangkir kopi per hari adalah 17% lebih mungkin untuk memenuhi tingkat aktivitas fisik yang direkomendasikan, dibandingkan dengan mereka yang minum kurang dari satu cangkir per hari (sumber yang dipercaya : A Daily Cup of Tea or Coffee May Keep You Moving: Association between Tea and Coffee Consumption and Physical Activity). Uniknya, tingkat aktivitas fisik yang lebih tinggi dapat membantu mempromosikan manajemen berat badan.

manfaat secangkir kopi

Manfaat Minum Kopi Untuk Turunkan Stres dan Depresi

Beberapa penelitian telah menemukan bahwa minum kopi dapat dikaitkan dengan risiko depresi yang lebih rendah. Salah satunya berupa satu tinjauan tujuh studi, setiap cangkir kopi yang dikonsumsi per hari dikaitkan dengan risiko depresi 8% lebih rendah (sumber yang dipercaya : Coffee and caffeine consumption and depression: A meta-analysis of observational studies).

Sedangkan studi yang lain juga menyebutkan bahwa minum setidaknya empat cangkir kopi setiap hari dikaitkan dengan risiko depresi yang jauh lebih rendah, dibandingkan dengan minum hanya satu cangkir per hari (sumber yang dipercaya : Coffee Consumption and the Risk of Depression in a Middle-Aged Cohort: The SUN Project). Dan ini yang paling mengejutkan, berdasarkan satu studi di lebih dari 200.000 orang menunjukkan bahwa minum kopi dikaitkan dengan risiko kematian yang lebih rendah karena bunuh diri (sumber yang dipercaya : Coffee, caffeine, and risk of completed suicide: results from three prospective cohorts of American adults).

Minum Kopi Bisa Melindungi Dari Gangguan Hati

Menariknya, manfaat minum kopi pahit tanpa gula, dapat mendukung kesehatan hati Anda dan melindunginya terhadap beberapa penyakit. Sebagai contoh, satu penelitian menemukan bahwa minum lebih dari dua cangkir kopi per hari dikaitkan dengan tingkat sirosis hati yang lebih rendah dan kanker hati pada orang dengan penyakit hati (sumber yang dipercaya : Coffee and Liver Disease).

Penelitian yang lain juga menunjukkan bahwa semakin banyak kopi yang diminum, semakin rendah risiko kematian akibat penyakit hati kronis. Minum satu cangkir kopi per hari terikat dengan risiko 15% lebih rendah, sementara minum empat cangkir per hari dikaitkan dengan risiko 71% lebih rendah (sumber yang dipercaya : Coffee: The magical bean for liver diseases).

Ada lagi, studi baru -baru ini menemukan bahwa konsumsi kopi dikaitkan dengan penurunan kekakuan hati, yang merupakan ukuran yang digunakan oleh para profesional kesehatan untuk menilai fibrosis, pembentukan jaringan parut di hati (sumber yang dipercaya : Coffee Consumption Is Associated With Lower Liver Stiffness: A Nationally Representative Study).

Secangkir Kopi Untuk Kesehatan Jantung

Beberapa penelitian menunjukkan bahwa minum secangkir kopi sangat menguntungkan untuk kesehatan jantung Anda. Faktanya, berdasar salah satu ulasan, menunjukkan bahwa minum tiga hingga lima cangkir kopi per hari, mampu menurunkan 15% risiko penyakit jantung (sumber yang dipercaya : Coffee Consumption and Cardiovascular Disease: A Condensed Review of Epidemiological Evidence and Mechanisms).

Ada juga ulasan yang lain, dari 21 studi menunjukkan bahwa minum tiga hingga empat cangkir kopi setiap hari dikaitkan dengan risiko stroke 21% lebih rendah (sumber dipercaya : Coffee Consumption and Stroke Risk: Evidence from a Systematic Review and Meta-Analysis of more than 2.4 Million Men and Women).

Terlebih lagi, satu studi di lebih dari 21.000 orang juga menemukan bahwa peningkatan asupan kopi dikaitkan dengan penurunan risiko gagal jantung secara signifikan (sumber yang dipercaya : Association Between Coffee Intake and Incident Heart Failure Risk: A Machine Learning Analysis of the FHS, the ARIC Study, and the CHS).

Akan tetapi, perlu diingat bahwa minum kopi berlebihan akan mempengaruhi tingkat tekanan darah. Oleh karena itu, orang yang mengalami gangguan tekanan darah, mungkin perlu membatasi asupan kafein setiap harinya. (sumber yang dipercaya : Habitual coffee consumption and 24-h blood pressure control in older adults with hypertension).

Secangkir Kopi Memperpanjang Usia

Beberapa penelitian menunjukkan bahwa kopi dapat membantu memperpanjang umur panjang, berkat banyak manfaat minum kopi untuk kesehatan secara potensial. Sebagai contoh, salah satu penelitian dari 40 studi menyimpulkan bahwa minum dua hingga empat cangkir kopi setiap hari dikaitkan dengan risiko kematian yang lebih rendah, terlepas dari faktor -faktor seperti takdir, status berat badan, dan perilaku kehidupan yang tidak sehat (sumber yang dipercaya : Coffee consumption and all-cause and cause-specific mortality: a meta-analysis by potential modifiers).

Ada pula penelitian lainnya, yang dilakukan kepada 1.567 orang menemukan bahwa minum kopi berkafein terkait dengan risiko kematian yang lebih rendah setelah 12 dan 18 tahun masa penelitian. Selain itu, minum setidaknya satu cangkir kopi per hari juga dikaitkan dengan risiko kematian yang lebih rendah akibat kanker (sumber yang dipercaya : Coffee Consumption and All-Cause, Cardiovascular, and Cancer Mortality in an Adult Mediterranean Population).
Menariknya, berdasarkan salah satu studi tabung reaksi menunjukkan bahwa kopi mampu secara signifikan memperpanjang masa hidup ragi dengan melindungi terhadap radikal bebas dan kerusakan DNA (sumber yang dipercaya : Coffee Extends Yeast Chronological Lifespan through Antioxidant Properties). Namun, diperlukan lebih banyak penelitian untuk menentukan apakah ini juga dapat berlaku untuk manusia.

Dapat Meningkatkan Kinerja Otot

Secangkir kopi sering kali digunakan sebagai bantuan ergogenik oleh atlet yang ingin meningkatkan kinerja dan meningkatkan tingkat energi (Sumber yang dipercaya : Ergogenic Aid). Bantuan ergogenik sering juga disebut sebagai penambah kinerja.

Pada salah satu tinjauan dari sembilan studi melaporkan bahwa minum kopi sebelum berolahraga meningkatkan daya tahan orang dan mengurangi aktivitas yang mereka rasakan. (sumber yang dipercaya : The Effects of Preexercise Caffeinated Coffee Ingestion on Endurance Performance: An Evidence-Based Review).
Sumber studi lainnya yang dilakukan kepada 126 orang dewasa yang lebih tua menemukan bahwa minum kopi dikaitkan dengan peningkatan kinerja fisik dan kecepatan reaksi yang lebih cepat, bahkan setelah para peneliti menyesuaikan faktor -faktor seperti usia, lemak perut, dan tingkat aktivitas fisik (sumber yang dipercaya : Associations of coffee drinking with physical performance in the oldest-old community-dwelling men The Helsinki Businessmen Study (HBS)).

Kesimpulan

Minum secangkir kopi merupakan ritual populer yang telah dipelajari para peneliti secara luas untuk mengetahui manfaat minum kopi pagi hari, termasuk kemampuannya untuk meningkatkan tingkat energi, mempromosikan manajemen berat badan, meningkatkan kinerja atletik, dan melindungi terhadap penyakit kronis.

Perlu diingat juga tentang resikonya, bahwa beberapa orang mungkin perlu membatasi asupan mereka, termasuk ibu hamil atau menyusui, anak -anak dan remaja, serta orang -orang dengan kondisi kesehatan tertentu (sumber yang dipercaya : The Safety of Ingested Caffeine: A Comprehensive Review).

Karenanya, sangat dianjurkan minum kopi secukupnya – sekitar tiga hingga empat cangkir per hari – yang dikaitkan dengan beberapa manfaat minum kopi pahit di pagi hari untuk kesehatan dan umumnya dianggap aman bagi kebanyakan orang dewasa (sumber yang dipercaya : The Impact of Coffee on Health).