Play Video

Daftar Isi

XML Sitemap Backlink merupakan pintu utama bagi Google atau mesin pencari lain untuk menemukan situs situs yang kita miliki. Umumnya, Google dan mesin pencarian lainnya menggunakan bot mesin pencari yang membantu situs web muncul di mesin pencari. Dalam kasus Google, bot ini disebut sebagai “Google Spiders”, “Google Bots”, atau “Google Crawler”.

Pekerjaan utama dari Google Spiders ini adalah selalu berjalan untuk menjelajahi apa pun yang ada di dunia maya yang dapat mereka rayapi. Bot ini terus menerus 24 jam non stop untuk menjelajahi web melalui perpindahan dari satu tautan ke tautan lainnya, yang bisa bersifat internal (bergerak di dalam situs web) atau eksternal (pergi ke situs lain). Karena itulah, artikel yang berkategori bagus pastilah memilikia tautan internal dan tautan external, yang akan terbaca dengan jelas melalui Sitemap XML.

Karena Google adalah mesin pencari yang paling disukai dan digunakan pada saat ini, memiliki situs web yang mudah dirayapi oleh google dan mesin pencarian lainnya, saat ini sangatlah penting. Karena bertambahnya ukuran dan kompleksitas dari sebuah website, Google mengembangkan protokol baru pada tahun 2005, yang dirancang untuk menggunakan format XML. Protokol ini dikenal dengan nama google xml sitemap.

Menariknya, XML Sitemap ini bisa kita manfaatkan sebagai sarana untuk merayapi URL website untuk dilakukan backlink dengan menggunakan GSA Search Engine Ranker yang dikenal dengan nama Sitemap Backlink.

 

Karena begitu menariknya manfaat dari sitemap xml google ini, kali ini akan saya kupas tuntas sitemap XML untuk WordPress maupun untuk blogspot.

Apa Itu XML Sitemap Backlink

Sitemap sangat berperan penting dalam pengembangan teknik SEO. Seperti biasa, Bot mesin pencari, akan menemukan halaman yang kita miliki melalui tautan internal maupun tautan external. Karenanya memadukan kekuatan dari sitemap dan teknik backlink yang tepat akan meningkatkan pencarian dari website yang kita miliki.

Tidak satupun pemilik website di dunia ini yang membiarkan websitenya tanpa di-indeks oleh google maupun mesin pencarian lainnya. Karenanya kehadiran dari sitemap inilah akan membantu mempercepat proses backlink, bahkan dioptimasi dengan proses backlink sitemap.

Pada dasarnya ada empat jenis sitemap dari sebuah website yang perlu kita ketahui, yaitu :

  • Normal XML Sitemap : Sejauh ini, ini adalah jenis sitemap yang paling umum. Biasanya dalam bentuk sitemap XML yang tertaut ke berbagai halaman di situs web Anda.
  • Video Sitemap : Digunakan secara khusus untuk membantu Google memahami konten video di halaman Anda.
  • News Sitemap : Membantu Google menemukan konten di situs yang disetujui untuk Google News.
  • Image Sitemap : Membantu Google menemukan semua gambar yang dihosting di situs Anda.

Fungsi dari Sitemap Bagi Sebuah Website

Sebuah website yang disuka oleh google dan mesin pencari lainnya adalah memiliki sitemap yang lengkap dan terstruktur. Khususnya untuk website yang memiliki banyak konten dan sering melakukan pembaharuan konten secara rutin. Kehadiran dari sitemap ini sangat membantu untuk segera menemukan artkel terbaru. Berikut ini fungsi dari sitemap yang perlu kita ketahui.

Memudahkan Pengunjung Untuk Melakukan Navigasi

Sitemap sangat penting keberadaannya untuk memudahkan bagi pengunjung situs yang kita miliki untuk melakukan proses navigasi. Karena semua konten akan diperlihatkan pada satu halaman saja, maka akan menghasilkan tingkat kunjungan serta meningkatkan keterbacaan halaman semakin besar. Sitemap yang terstruktur akan memudahkan mengetahui konten apa saja yang terdapat dalam suatu website, yang akhirnya website akan memiliki kategori user friendly.

Membantu Mengatur Arsitektur Konten dari sebuah Website

Kehadiran seorang arsitek untuk sebuah gendung yang megah akan memberikan kerangka model yang menarik untuk menciptakan suasana nyaman disaat berada didalam gedung. Demikian juga dengan sebuah website, sitemap sangat berperan penting sebagai media yang memberikan gambaran secara utuh dari struktur sebuah website beserta konten-konten yang ada didalamnya.

 

Penyusunan sitemap yang baik, pasti dirancang dengan baik dancermat, terutama terkait dengan susunan dan skema internal link dan eksternal link yang berkesinambungan dan mudah dipahami. Selain itu dengan adanya skema link yang tepat, jika suatu saat terjadi kesalahan menjadi lebih mudah diidentifikasi dan diperbaiki kembali.

Meningkatkan Visibilitas Pencarian dari Sebuah Website

Visibilitas pencarian dari sebuah website adalah tingkat keterlihatan dari sebuah website bagi sebuah mesin pencarian seperti Google Search. Alasannya agar situs bisa mendapatkan kunjungan yang lebih banyak dengan traffic yang tinggi. Karenanya sangat diperlukan internal link yang terstruktur untuk menhidupkan “detak jantung” dari sebuah website agar mudah dicari. Merangkai internal link yang baik akan menghasilkan sitemap yang baik dan tersutruktur dan disukai mesin pencarian. Berikut ini adalah salah satu contoh konten yang tidak memiliki XML Sitemap yang baik.
Contoh XML Sitemap yang buruk
Hal ini menunjukkan bahwa google menemukan konten ini memlalui crawling, akan tetapi karena tidak memiliki halaman tautan menuju konten tersebut, maka google akan melakukan exclude pada pencarian google.

Kesimpulan Tentang XML Sitemap Backlink

XML sitemap baik dan terstruktur merupakan kunci sukses dari sebuah website. Apalagi didukung dengan proses backlink yang berkesinambungan non stop 24 jam, akan menghasilkan kualitas website yang bagus. Mulailah dari sekarang untuk membangun website yang terstruktur, apakah itu wordpress maupun blogspot. Apabila ada pertanyaan tentang Sitemap, silahkan bergabung dalam group tanya jawab SEO dibawah ini.

Komunitas UMKM Bisnis Online serta Komunitas Saling Backlink Antar Member dan SEO


Referensi : Niagahoster.co.id